Rabu, 05 Januari 2011

Wartawara-wara. EDISI-OP WARNET

Hari ini, adalah debut saya sebagai wartawan penyamar. Wartawan yang me wawancarai orang-orang tidak penting yang kadang menjadi penting, dan juga bisa saja mewawancarai para pejabat-pejabat tinggi ke negaraan yang tengah menjadi sorotan media ataupun publik(ok itu mimpi). Dan tugas yang telah diberikan oleh bos "seenaknya" yaitu mewawancarai penjaga warnet atau biasa dipanggil OP warnet (liat ga sih!!! betapa gak penting nya ngewawancarain orang kayak gitu).

Aku memulai dengan membaca "bismillahirrahmanirohim", dan membuka pintu warnet yang dari luar kelihatan suram dan kelabu. Dengan baju buluk bertuliskan "Hidup Dem*kr*t" mulai mencari box kosong disana-sini. Dari pengalaman menjadi onliners aktif, bisa aku kelompokan beberapa kasta atau makhluk yang menghuni warnet-warnet suram kelabu seperti ini.

1.Anak kurang kasih sayang: ciri-ciri main game online ampe buluk tuh baju, megang mouse sambil nganga, iler nempel ngalir ampe ke dagu, trus mainnya rata-rata 2 jam-4 jam, kalo main game bacot nya minta duiiit! eh minta ampun! Trus kalo kalah enggak segan ngeluarin uang beratus-ratus ribu untuk meng-upgrade "char" game online nya. Katanya sih uang nya itu dari emak bapak nya(ya iyalah, emang bisa anak ingusan kayak gitu nyari duit buat main-main doang)

2.Remaja labil versi kuper: ciri-ciri tangan kanan pegang mouse, tangan kiri ngupil. Udah ah, males jelasin yang satu ini.

3.Remaja labil versi gahol: ciri-ciri tangan kanan pegan mouse, tangan kiri pegang keyboard, bedanya di telinga ada rokok, rata-rata mainnya 3 jam-ga keitung, kalo malam minggu bertapa diwarnet. Pagi minggunya ditemukan ngorok dikursi.

4.Bapak-bapak elektro: ciri-ciri utamanya ROKOOOOOOOOKKKK, nah kenapa jadi disebut elektro, soalnya rata-rata mainnya ga tau dari kapan-ga tau ampe kapan. Kalo kewarnet tu bapak-bapak adaaaa mulu, engga pagi, engga malem, engga malam jum'at, engga tau ada tsunami diluar warnet teteeep aja ada. Nah pertanyaan paling mendasar, tu bapak-bapak dapet duit dari mana???


"Mbak" OP nya cewek
"Iya mas???"
"Ada box yang kosong"
"Ada, box 15 mas" 
menuju TKP

"Lho kok ga bisa dibuka mbak kompinya?"
"Box 15 kompinya rusak mas"
"yaelah, ngapain ditawarin"*ckckck 
"Emang kosong mas, tu kosong kan" elaaaah kalo bukan cewek aku tendang ni orang
"ya udah saya nunggu disini aja"
wawancara dimulai....

"Mbak, udah berapa lama jadi OP warnet"
"Baru 3 jam mas, dari jam 6 pagi tadi" kampreeeet, kok ketemu orang kayak gini
"Maksud saya, sudah berapa lama kerja jadi OP warnet"
"Iya mas, baru 3 jam, baru pagi tadi saya ngelamar jadi OP, langsung diterima"
"wogh, kok bisa?" aku kira becanda hehehe
"tadi ada tulisan -cari OP-, kebetulan juga saya lagi lowong"
"Oh mbak libur kuliah ya?"
"enggak, saya emang gak ada kerjaan apa-apa" KEBETULAN APANYA MBAK!!!
"oooooh"menjawab kata "oh" dengan keras hati.

kluk, kluk, kluk

"kok sunyi ya mbak, biasanya warnet-warnet gini rame?"
"mana saya tau, orang saya baru kerja disini" salah banget nih ngewawancara in OP kayak gini
"Selama 3 jam ini, apa suka-duka nya jadi OP warnet" sumpah aku nanya dengan hati penuh dongkol, apa juga yang bisa ditanyain dari OP warnet yang baru kerja 3 jam
"Oh banyak mas, tadi saja ada bapak-bapak kesini" wah kenapa nih...???
"trus-trus"
"trus nanya, ni warnet ya dek, HAHAHAHA, masa nanya nya gitu, kan lucu gitu kan"* DUAAAK, TELEVISI NIMPA KEPALA.
"hahaha loco banget mbak" lucu kalo mbak cerita sambil ngupil.

mulai berat hati, apa yang bisa di catet dari nih OP.

"Eh mas, mas kewarnet mau ngapain?"
"Biasa mbak, ngerjain tugas kuliah" 
"Wah kuliah dimana?"
"Di darma pribakti" asal aja, nyebut nama nya, padahal gak ada
"Wah hebat banget si mas"
"Hahaha biasa aja mbak, eh mbak siapa yang punya ni warnet ya?"
"Ya bos lah mas"
"ya siapa?"
"ya bos saya"
"iyyyyyaaa sssssiiiiiaaaappppaaaa?"
"ya bos lah mas, masa tukang bakso!"
fiuuh ngambil oksigen dulu, sambil ngeluarin nuklir dari otak.

"ya namanya mbak?"
"wah belum sempat kenalan mas"

FIIUUUUH NGAMBIL OKSIGEN DULUUUUU, TABUUUNG OKSIGENNN!!!TOLOOONG

kluk,kluk,kluk.

"Kok masih sepi ya mbak"
"Biasa mas kalii, masih jam kerja gini, orang pada kerja sekolah"heh gak mungkin, aku sudah hapal jam-jam segini udah rame warnet kayak gini.
"oh gitu ya mbak"

aku pun keluar lalu ngeliat papan bertuliskan "close"
....
"HAH CLOSE???"

masuk lagi kayak orang asma

"MBAK KOK TULISAN CLOSE NYA DI DEPAN???"
"hah???"
"HAH,HOH,HAH,HOH, TUH LIAT KEBALIK"
"masa sih....oh iya mas ahhahhaha kebalik"
"LOH TRUS, JADI GAK ADA ORANG DISINI SELAIN SAYA SAMA MBAK???"
"ah, ada kok mas nih semua nya biru, trus box 15 nih warnanya merah"
"EBUSET, BIRU ARTINYA KOSONG MBAK!"
"hah, eh iya kosong mas, saya lupa, hahahha"
"AAAAA, TELAT DEH EMAIL KU DIKIRIM AMA PIMPINAN"
"hahaha, maaf deh mas"

akhirnya ngenet dengan keadaan perut sembelit, sesak nafas, ingus kiri kanan.
dan mbak-mbak tadi, ngemil makanan dengan wajah tanpa rasa salah.





Ya begitulah wawancara pertama saya sebagai wartaman penyamar, yang ternyata...............

SAMPAI JUMPA DI EDISI SELANJUTNYA!
SAYA UDAH ENGGA TAHAN PENGEN KE WC.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar